Rabu, 20 Mei 2020

My Service

My Service

Bicara mengenai “Service” bukan sebuah hal yang baru bagi saya. Kata-kata “service” sempat melekat selama 10 tahun pada diri saya. Kenapa bisa begitu?

Boleh yaa saya ceritakan sejenak perjalanan karir saya.. J Sejak saya lulus kuliah di tahun 2006 saya diterima sebagai Management Trainee di Bank Danamon Indonesia. Yang namanya perbankan pasti sangat lekat dengan standar pelayanannya. Entah karena jalan saya dan karena passion saya pada dunia pelayanan, saya bekerja di Departement Service Quality and Improvement disana. Jabatan terkahir saya adalah Service Measurement Head yang berperan dalam membuat analisa data pelayanan agar terukur dan dapat dijadikan sebagai bahan untuk improvement. Namun sebelumnya saya juga sempat lama membidangi service implementations dan service training disana. Jadi singkat cerita hampir seluruh service area sudah pernah saya jalani dan tekuni. Dan selama saya disana, training mengenai  service mindset dan service standard adalah hampir menjadi makanan sehari-hari saya. Saya juga akhirnya dipercaya untuk memberikan training kepada Manajer-Manajer disana agar menjadi Manajer yang efektif dan professional. Dan akhirnya, saya malah jatuh cinta dengan dunia Training and Development.

Sampai pada akhirnya di tahun keenam, saya  mendapatkan kepercayaan sebagai Service Development Head di perusahaan baru yaitu di Asuransi Astra. Adapun saat itu tugas dan tanggungjawabnya adalah membawahi seluruh service area yang sudah pernah saya lakukan sebelumnya di perusahaan lama. Saya diminta untuk mendevelop baru standar pelayanan mereka, saya memberikan pelatihan kepada seluruh karyawan disana, saya juga melakukan pengukuran pelayanan, sampai akhirnya saya membuat program-program pengembangan pelayanan. Sungguh menjadi pengalaman yang sangat berharga bagi saya karena akhirnya saya bisa keliling Indonesia untuk memberikan pelatihan-pelatihan tersebut. Dan bahkan saya banyak mendapatkan reward sebagai karyawan saat itu. Setiap tahunnya saya berturut turut pernah menjadi The Best Employee Of The Year, The Best Trainer Of The Year dan terakhir adalah mendapatkan penghargaan sebagai The Best Of The Best Trainer Of The Year.



Kenapa saya ceritakan semua ini kepada teman-teman?  saya ceritakan ini karena selanjutnya saya akan banyak sharing perihal ilmu service yang saya punya. Setelah lama resign dari dunia pekerjaan karena ingin fokus mengurus anak saya, saya akhirnya berpikir bahwa ilmu saya yang sedikit ini bisa jadi akan hilang begitu saja. Lalu saya sadari kalau saya bisa sharing sedikit ilmu service ini, mungkin ilmu saya malah bisa makin bertambah nantinya. Kalau saja ilmu yang sedikit ini bisa bermanfaat untuk orang lain, tentu saya sudah bisa menjadi lilin kecil di hidup ini. Bagi saya ini cukup dan sangat saya syukuri.

Nah tentunya teman-teman yang nantinya akan membaca ilmu service dari saya sudah tahu ya siapa penulisnya dan memang hanya sejauh ini saja pengalamannya. Jangan berharap banyak mungkin dengan ilmu yang saya punya. Tapi mari kita sama-sama saling melengkapi ilmu ini dan mari menyinari dunia ini dengan apa yang kita punya.


Ilmu Itu dimiliki untuk dibagi, bukan disimpan sendiri untuk dibawa mati.
-El Mila


Griselda Burhan
@griseldaburhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

#maripositive

Tetiba saya berniat untuk merubah kebiasaan saya yang baru dengan ingin memposting quotes yang positive sesering mungkin. Kenapa? Dasarn...